Sedekah Bumi Desa Karang gondang Mlonggo Jepara Meriah

Jepara, oligarki.id – (26/5/2023) – Suasana kegembiraan dan kebersamaan terlihat menghiasi Desa Karang Gondang, Kecamatan Mlonggo, Kabupaten Jepara pada hari Jumat Pahing, Mei 2023.

Sebuah acara sedekah bumi telah berhasil menyatukan masyarakat setempat dalam sebuah perayaan yang meriah.

Dalam rangka mempererat tali persaudaraan dan menjaga tradisi leluhur, warga Desa Karang Gondang secara bersama-sama menyelenggarakan acara sedekah bumi, rangkaian acara yang sudah berlangsung beberapa hari, diantaranya, kirab budaya warga dengan menampilkan gunungan hasil bumi warga, bazar, manganan dan pagelaran joget yang di ikuti oleh seluruh perangkat desa dan kepala desa, puncaknya menggelar wayang kulit. Tradisi menggelar joget dan manganan diadakan diSendang Kamulyan, tempat yang dianggap sakral oleh penduduk setempat. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat Pahing, dipercaya sebagai hari yang baik untuk berbagai acara keagamaan dan tradisional. Ditempat ini dulunya bupati Jepara saat berburu berlari mengejar buruannya akhirnya berhasil menangkap buruannya disendang Kamulyan desa Karang gondang, sehingga ada wasiat kalau besok warga keturunan desa karang gondang harus mengadakan manganan dan jogetan sebagai rasa syukur karena buruan telah ditemukan. Ungkap juru kunci sendang kamulyan, Harun Al Rasyid.

Dengan memadukan elemen keagamaan dan kebudayaan, acara ini menjadi momen yang sangat spesial bagi masyarakat Desa Karang Gondang.

Pagi-pagi warga desa sudah mulai berdatangan ke Sendang Kamulyan, membawa berbagai jenis makanan, nasi, ingkung , buah, sayur, dan hasil bumi lainnya sebagai sedekah kepada sesama.

Tak hanya itu, selama acara berlangsung, suasana dipenuhi dengan riuhnya musik tradisional yang menggema di sekitar sendang. Para peserta acara, baik tua maupun muda, berjoget dan menari dengan semangat yang tinggi, sambil saling berbagi makanan dan kebahagiaan.

Kepala Desa Karang Gondang, H. Ali Ronzi Ach. SE. mengungkapkan kebanggaannya terhadap kegiatan ini. Ia menyatakan, “Acara sedekah bumi joget dan manganan merupakan warisan budaya yang perlu dilestarikan. Selain mempererat silaturahmi antarwarga, acara ini juga mengajarkan nilai-nilai kebaikan dan saling berbagi kepada generasi muda.”

Acara tersebut juga dihadiri oleh beberapa tokoh masyarakat setempat dan perwakilan pemerintah kecamatan, Mereka menyampaikan apresiasi dan dukungan atas upaya warga Desa Karang Gondang dalam melestarikan budaya dan menjaga kerukunan antar umat beragama.

Diharapkan, acara sedekah bumi jogetan dan manganan di Desa Karang Gondang, Mlonggo, Jepara, dapat terus dilakukan sebagai warisan budaya yang tak terlupakan. Semoga kegiatan semacam ini. (Nik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *