Danrem 031/WB Apresiasi Langsung Prajurit Bima Sakti di Bumi Papua

Delikhukrim.com, Jayapura – Danrem 031/Wirabima Brigjen TNI Dany Rakca menempuh jarak ribuan kilometer untuk bertatap muka dengan prajurit Yonif 132/BS yang dipimpin Letkol Inf Ahmad Fauzi yang tengah mengemban amanat negara yakni menjaga perbatasan paling timur Indonesia, Provinsi Papua, Senin (10/07/2023).

Kunjungan Danrem 031/WB didampingi Kasiops Kasrem 031/WB Kolonel Inf Elvino Yudha Kurniawan dalam rangka mengapresiasi kinerja prajurit Yonif 132/BS yang memperoleh banyak prestasi selama pelaksanaan tugas operasi menjaga perbatasan RI-PNG. Hal ini ditunjukkan Danrem 031/WB dengan memberikan piagam penghargaan secara langsung kepada para prajuritnya yang berprestasi. Selain itu, Brigjen TNI Dany Rakca juga memberikan motivasi kepada para Danpos serta para prajurit yang bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan semangat serta moril hingga akhir masa penugasan.

Selama penugasan, Yonif 132/BS telah banyak menorehkan tinta emas di bumi cendrawasih, diantaranya yang cukup cemerlang yakni menggagalkan penyelundupan dan pengedaran ganja hingga mencapai 34,5 kilogram, penyerahan dan penggagalan penyelundupan munisi tajam sebanyak 29 butir kaliber 5,56 mm serta 4 butir kaliber 7,62 mm, penggagalan penyelundupan BBM ilegal sebanyak 3,4 ton, penangkapan YP yang merupakan tokoh politik TPNPB-OPM dan yang terkini yaitu menerima penyerahan 4 pucuk senjata api jenis Mouser dari para simpatisan TPN-OPM. Deretan prestasi di atas merupakan hasil dari kerja keras, pengorbanan serta dedikasi prajurit Yonif 132/BS.

Dalam kunjungannya ke daerah operasi tersebut, terdapat hal yang sangat mengagumkan, Brigjen TNI Dany Rakca bermalam di Pos Satgas. Beliau ingin merasakan apa yang dirasakan oleh prajuritnya selama tugas operasi sekaligus supaya lebih dekat dan mengenal para prajuritnya.

Brigjen TNI Dany Rakca juga menyempatkan diri untuk bertemu dengan tokoh masyarakat pegunungan Bpk. Simon, Kepala Kampung Bpk. Mathias Wey serta mantan anggotanya yang saat ini menjadi Babinsa Kodim setempat yakni Serma Akhsan. Beliau bernostalgia ketika beliau tugas operasi di daerah yang sama sekitar tahun 90an dengan Yonif 132/BS saat ini.

Para tokoh masyarakat menyampaikan kesan yang sangat positif terhadap kinerja dan keberadaan Yonif 132/BS yang senantiasa dapat meningkatkan kesejahteraan dan memberikan rasa aman bagi masyarakat di perbatasan Papua. Hal ini menunjukan bahwa kegiatan pembinaan teritorial Yonif 132/BS telah berhasil dilaksanakan secara optimal dan terbukti dengan begitu banyaknya prestasi yang diraih.

“TNI Angkatan Darat selalu di hati rakyat serta senantiasa bersama berkarya untuk negeri”, ungkap Brigjen TNI Dany Rakca.***(ril/yan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *