Kapolres Kuansing Hadiri Pembukaan Pacu Jalur Tahun 2023 di Kecamatan Benai 

Delikhukrim.com – Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K, M.H, bersama Unsur Forkompimda menghadiri pembukaan pacu jalur tradisional tahun 2023 kecamatan Benai yang dilaksanakan di halaman kantor Camat Benai, yang dibuka oleh Bupati Kuansing Drs. H. Suhardiman Amby, Ak. MM, Senin (17/07/2023) pukul 10.00 WIB.

Turut hadiri dalam kegiatan tersebut yakni Anggota DPR RI Bpk. H. Abdul Wahid, S. Pd. I, M. Si, Irjen Kemendes RI Bpk. Teguh Hadi Sulistiono, S. Ip, M. Si., Anggota DPRD Propinsi Riau Bpk. H. Marwan Yohanis, S. I. Kom, M. I. Kom., Dandim 0302 Inhu diwakili Kapten Inf. Legimin, Wakil Ketua-II DPRD Kuansing Bpk. Juprizal, S. Sos, M. Si., Plt. Kepala Kanwil Perbendaharaan Riau Bpk. Drs. Burhani AS, MM, Para Asisten, Kaban dan Kadis Pemkab Kuansing., Para Camat se Kabupaten Kuansing., Camat Benai Sdr. Hazrianto, S. Sos, Kapolsek Benai Ipda A. Candra Widodo, SH, Para Kepala UPTD dan Koorwil se Kec. Benai, Para Kepala Desa dan Lurah se Kec. Benai, Para Ketua BPD se Kec. Benai, Para ASN se Kec. Benai, Para Tokoh se Kec. Benai, Semua Tim Official Jalur sebanyak 92 Orang, Masyarakat dan Undangan sebanyak 800 Orang.

Drs. Masnur Judin, MM, selaku Ketua Umum Panitia, Dalam kesempatan itu menyampaikan, terimakasih kepada Bupati Kuansing yang telah dapat hadir di acara pembukaan pacu jalur tradisional kecamatan Benai, bahwa jalur yang mendaftar di Pacu Jalur Tradisional Kecamatan Benai sebanyak 92 Jalur, terbanyak untuk tingkat kecamatan.

“Kegiatan ini dibiayai dari dana DPA Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Kuansing, Kami masyarakat kecamatan Benai mengucapkan terimakasih atas kebijakan ditetapkannya menjadi tuan rumah Pacu Jalur Tradisional dan kemudian tribun hakim yang dibangun pada tahun 2018 sampai sekarang belum diresmikan, dan hari ini kami minta Bupati Kuansing untuk meresmikannya, ” ujar Masnur.

Pada kesempatan itu, sambutan Tokoh Masyarakat Kecamatan Benai Bpk. H. Marwan Yohanis, S. I. Kom, M. I. Kom menyampaikan “marilah kita ucapkan selamat atas pelantikan Drs. H. Suhardiman Amby, Ak. MM yang telah dilantik menjadi Bupati Kuansing, Pacu jalur ini sudah mengakar dan membudaya bagi masyarakat Kuansing”

“Agar Pacu Jalur Tradisional di kecamatan Benai ditetapkan untuk memperingati hari besar Islam 1 Muharram dan marilah kita jaga sportifitas selama pacu jalur, dan jadikanlah sebagai ajang silaturahmi, “ucap Tokoh Masyarakat Kec. Benai Bpk. H. Marwan Yohanis, S. I. Kom, M. I. Kom.

Selanjutnya sambutan dari Anggota DPR RI Bpk. H. Abdul Wahid, S. Pd. I, M. Si menyampaikan ” Kuansing ini adalah kabupaten yang punya adat sangat kental, dapat kita lihat tadi anak sekolah yang melakukan tarian adat babako. Saya salut dengan kepemimpinan Bupati Kuansing yang masih mengangkat nilai-nilai adat, Pacu jalur ini sudah mendunia, marilah kita jaga silaturahmi ini, ” ucap Anggota DPR RI Bpk. H. Abdul Wahid, S. Pd. I, M. Si

Acara dilanjutkan arahan dari Bupati Kuansing Drs. H. Suhardiman Amby, Ak. MM menyampaikan “Terimakasih kepada Upika kecamatan Benai yang telah menyelenggarakan Pacu Tradisional di Kecamatan Benai, tolong dikawal pacu jalur ini agar tidak terjadi keributan, apabila ada akan kita skorsing desa tersebut untuk tidak ikut pacu selama 5 tahun di semua gelanggang di kabupaten Kuansing,”

“Bahwa kegiatan Pacu Jalur ini adalah agenda Pariwisata di kabupaten Kuansing. Pariwisata kita akan kita tingkatkan untuk perbaikan ekonomi di kabupaten Kuansing. Tahun ini kita sudah anggarkan untuk beberapa kebudayaan kita di kabupaten Kuansing, nanti kita akan lakukan juga di kabupaten untuk menampilkan beberapa kebudayaan barongsai, reog, randai dan silat pangian berbentuk festival. ”

“Kecamatan Benai tahun ini kita akan bangun jalan sepanjang 12.5 Km, terpanjang di kabupaten Kuansing. Nanti akan kita saksikan pelaksanaan pacu jalur, marilah kita jaga silaturahmi dan kekompakan masing-masing daerah. Nanti kita bantu Ibu-ibu di kecamatan Benai sebesar Rp. 1 Juta per desa. Kita tetapkan Kecamatan Benai menjadi Pacu Jalur Tradisional untuk memperingati tahun baru Islam 1 Muharram yang akan dianggarkan sebesar Rp. 300 Juta, nanti akan kita buatkan SK Bupati, ” ucap Bupati Kuansing Drs. H. Suhardiman Amby, Ak. MM.

Kegiatan pengamanan pacu jalur tradisional tahun 2023 di kecamatan Benai ini dipimpin oleh Kabag Ops Polres Kuansing Kompol Hendri Suparto, S. Sos didampingi Kapolsek Benai Ipda A. Candra Widodo, SH bersama seluruh personil Polres Kuansing dan jajaran.

Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, S.I.K, M.H kepada wartawan mengatakan “bahwa pengamanan pacu jalur kecamatan Benai hari pertama ini berjalan dengan aman, lancar dan kondusif,”

“Pembukaan Pacu Jalur Hari Pertama Di Kecamatan Benai Tahun 2023 dapat berjalan dengan aman, lancar dan konfusif. Hal ini tercipta sudah tentu atas kerjasama dan sinergitas Polri dengan stake holder terkait, dan juga panitia, juga peran serta tokoh-tokoh Masyarakat, desa, Kecamatan yang bekerja bersama sama untuk mewujudkan keamanan dan ketertiban acara tersebut,” pungkas AKBP Pangucap.***(ril/yan).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *